Perbatasan Bergantung pada Malaysia

Written By Kompdub on Kamis, 08 November 2012 | 19.29


JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan perbatasan atau garis terdepan Indonesia hingga kini masih tertinggal dari perhatian. Hal itu menyebabkan warga di perbatasan masih banyak bergantung pada negara tetangga seperti Malaysia.


Demikian hasil kajian Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, bekerjasama dengan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) selama hampir dua tahun.


Menurut Wakil Ketua Umum Kadin Koordinator Wilayah Tengah, Endang Kesumayadi, di Jakarta, Kamis (8/11/2012), kajian dilakukan di beberapa kawasan perbatasan Indonesia, seperti Entikong di Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sintang, Kabupaten Kapuas Hulu, dan Kabupaten Nunukan.


Fasilitas kesehatan dan pendidikan yang minim, ditambah dengan penghasilan masyarakat yang rendah, membuat banyak warga di perbatasan lebih memilih bekerja, dan menggantungkan hidup di negeri tetangga.


Demikian pula, kegiatan perdagangan masih bergantung pada pasokan negara tetangga, Malaysia. "Jika menunggu pasokan dari pusat, harga kebutuhan pokok lebih tinggi jika dibandingkan dari Malaysia," ujarnya.


Perekonomian kawasan perbatasan masih tertinggal dari daerah lainnya. Kadin bersama BNPP tengah melaksanakan program-program  prorakyat, di garis-garis terdepan wilayah Indonesia tersebut.


Endang mencontohkan, karena transportasi dan komunikasi yang tidak menentu, masyarakat Sulawesi Utara harus menunggu pasokan hingga empat bulan sekali. Sementara untuk wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur harus pergi ke Malaysia, jika ingin mendapatkan barang-barang murah.


Bahan makanan pokok kurang mendapatkan suplai dari Pulau Jawa, karena jarak tempuh dan infrastruktur yang belum memadai. Di satu sisi, peredaran komoditas yang sebagian banyak ilegal itu harus ditertibkan, sehingga diperlukan regulasi khusus dari pemerintah untuk mengisi kekosongan produk, khususnya gula dan kebutuhan pokok lainnya.


Kadin Indonesia mendorong adanya evaluasi regulasi perdagangan, karena daerah perbatasan merupakan pintu masuk beberapa komoditi, khususnya gula konsumsi beserta bahan makanan pokok lainnya.













Anda sedang membaca artikel tentang

Perbatasan Bergantung pada Malaysia

Dengan url

http://asmaracun.blogspot.com/2012/11/perbatasan-bergantung-pada-malaysia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Perbatasan Bergantung pada Malaysia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Perbatasan Bergantung pada Malaysia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger