KPK Periksa Choel Mallarangeng Bulan Depan

Written By Kompdub on Rabu, 26 Desember 2012 | 19.31


JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan Andi Zulkarnain Mallarangeng atau Choel Mallarangeng pada Januari nanti.


Adik mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng itu akan diperiksa sebagai saksi terkait penyidikan kasus dugaan korupsi pengadaan sarana dan prasarana olahraga di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.


"Bisa saya pastikan Andi Zulkarnain Mallarangeng akan diperiksa sebagai saksi bulan depan. Mengenai kapannya, belum pasti," kata Juru Bicara KPK Johan Budi di Jakarta, Rabu (26/12/2012).


Menurutnya, Choel akan menjadi saksi untuk dua tersangka kasus Hambalang, yakni Andi dan Kepala Biro Keuangan serta Rumah Tangga Kemenpora Deddy Kusdinar.


Kedua tersangka itu diduga bersama-sama melakukan perbuatan melawan hukum dan penyalahgunaan wewenang untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain, namun justru merugikan keuangan negara.


Choel dianggap tahu seputar kasus Hambalang yang diduga melibatkan dua tersangka itu. Konsultan komunikasi politik yang terkenal dengan lembaganya, Fox Indonesia itu dicegah bepergian ke luar negeri bersamaan dengan pencegahan Andi.


Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin, beberapa kali mengatakan Andi dan Choel menerima uang dari proyek Hambalang. Tudingan ini pun dibantah Choel dan Andi.


Mengenai kapan KPK akan memeriksa mantan Menpora Andi sebagai tersangka Hambalang, Johan mengatakan hal itu belum dijadwalkan.


Dia juga mengungkapkan kalau KPK akan lebih gencar mengusut kasus-kasus korupsi, termasuk kasus Hambalang pada tahun depan.


"Januari nanti KPK akan full speed (mengerahkan kekuatan penuh) karena ada tambahan penyidik dari internal itu," ujar Johan.


Mengenai tersangka baru kasus Hambalang, Johan mengatakan bahwa sejauh ini belum ada. Andi menjadi tersangka Hambalang terakhir yang ditetapkan KPK tahun ini.


Dalam kasus Hambalang, KPK tidak hanya mengusut keterlibatan pihak Kemenpora. Selain mengembangkan penyidikan perkara Andi dan Deddy, lembaga antikorupsi itu pun menyelidiki indikasi tindak pidana korupsi lainnya, yakni aliran dana suap terkait proyek Hambalang. Diduga, ada uang yang diberikan ke penyelenggara negara oleh suatu korporasi.


Ikuti perkembangan kasus ini di topik "Skandal Proyek Hambalang"












Anda sedang membaca artikel tentang

KPK Periksa Choel Mallarangeng Bulan Depan

Dengan url

http://asmaracun.blogspot.com/2012/12/kpk-periksa-choel-mallarangeng-bulan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

KPK Periksa Choel Mallarangeng Bulan Depan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

KPK Periksa Choel Mallarangeng Bulan Depan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger