Ini Luapan Ciliwung Tertinggi Setelah 2007, Warga Tetap Siaga

Written By Kompdub on Rabu, 16 Januari 2013 | 19.58


JAKARTA, KOMPAS.com — Luapan banjir Kali Ciliwung yang terjadi saat ini mencapai titik tertinggi terhitung sejak banjir besar pada 2 Februari 2007. Untuk itu, warga tetap siaga untuk mengantisipasi kemungkinan yang lebih buruk.


"Ini yang tertinggi sejak 2007. Memang belum setinggi itu, tetapi setelah Februari 2007, enggak ada lagi yang sampai segini," kata Sukadi (64), warga RT 011 RW 001, Pengadegan, Pancoran, Jakarta Selatan, saat ditemui Kompas.com di dekat kediamannya, Rabu (16/1/2013).


Ia menjelaskan, pada 2007 Kali Ciliwung meluap hingga mencapai atap rumahnya. Sementara itu, luapan yang terjadi kemarin hingga subuh tadi setinggi pintu rumahnya. "Setelah banjir besar 2007, paling tingginya 1,5 meter, di bawah ketinggian sekarang," katanya.


Sukadi mengatakan, tinggi permukaan Kali Ciliwung di saat normal sekitar 4 meter di bawah tepi bantaran. Karena itu, ia memperkirakan, luapan kali ini telah mencapai 6 meter dari ketinggian normal. Permukaan air naik hingga meluberi Jalan Pengadegan 1 dan Pengadegan 2 yang terletak belasan hingga puluhan meter dari tepi kali.


Sukadi dan istri serta tiga anaknya mengungsi ke sebuah mushala di Kampus LIA, Pengadegan. "Infonya dari Depok sudah naik lagi. Jadi, kami harus siaga lagi," kata Sukadi.


Sementara itu, Achmad Mochtar (46), warga RT 008 RW 002, Pengadegan, mengatakan, ada puluhan kepala keluarga di RT-nya yang terpaksa mengungsi. Sayangnya, beberapa tenda pengungsian yang didirikan tidak terisi lantaran warga lebih memilih berlindung di dalam gedung.


"Saya yang pasang dua tenda itu. Namun, enggak ada yang mau ngungsi ke situ," ujar Mochtar.


Warno, warga RW 002 lainnya, menilai pilihan warga beralasan. Kondisi dingin akibat hujan sehari penuh membuat warga lebih memilih mengungsi ke gedung dibandingkan dengan tenda darurat. Pilihan tersebut juga diambil untuk menghindari terserang penyakit.


"Warga pasti lebih memilih ke bangunan. Dua bangunan kosong yang baru dibangun tadi malam penuh," kata Warno.


Lokasi pengungsian yang disediakan bagi warga Pengadegan terdapat di GOR Kecamatan Pancoran, Kantor Kecamatan Pancoran, SDN 09 Pegadegan, dan sekitar kantor kelurahan. Ada juga warga yang memilih mengungsi ke rumah tetangga yang tidak kebanjiran.












Anda sedang membaca artikel tentang

Ini Luapan Ciliwung Tertinggi Setelah 2007, Warga Tetap Siaga

Dengan url

http://asmaracun.blogspot.com/2013/01/ini-luapan-ciliwung-tertinggi-setelah_16.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ini Luapan Ciliwung Tertinggi Setelah 2007, Warga Tetap Siaga

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ini Luapan Ciliwung Tertinggi Setelah 2007, Warga Tetap Siaga

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger