Jokowi Khawatirkan Air Naik Sebelum Perbaikan Tanggul Rampung

Written By Kompdub on Jumat, 18 Januari 2013 | 19.58


JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo terus meninjau keadaan pengerjaan perbaikan tanggul Banjir Kanal Barat (BKB) di Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat. Hingga sekitar pukul 19.00 WIB, pria yang akrab disapa Jokowi itu masih terus meninjau tanggul jebol BKB. Ia meninggalkan lokasi hanya untuk shalat Jumat, meluncurkan pajak online di Senayan City, dan mandi di rumah dinasnya, di Taman Suropati 7. Perkembangan perbaikan pengerjaan tanggul jebol itu tinggal 30 persen lagi.




Dikhawatirkan air naik lagi sebelum ini rampung, karena kemarin kami terlambat di material karena macet di jalan


-- Joko Widodo




"Mungkin tinggal 30 persen. Semoga malam ini rampung," kata Jokowi, di Latuharhary, Jakarta, Jumat (18/1/2013).


Jokowi mengatakan, semua peralatan material sudah sangat siap, sehingga ia optimis untuk dapat menyelesaikan pengerjaan perbaikan tanggul BKB pada malam ini. Namun, hanya satu yang Jokowi khawatirkan, yaitu apabila air di Bendung Katulampa menjadi siaga I atau terjadi hujan deras di Ibu Kota malam ini.


"Dikhawatirkan air naik lagi sebelum ini rampung, karena kemarin kami terlambat di material karena macet di jalan," kata Jokowi.


Berdasarkan pantauan Kompas.com bantuan terus datang mengalir ke lokasi. Bantuan material tersebut antara lain, batu kali, pasir, karung, bronjong, balok kayu, kerikil, dan alat-alat berat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Dinas Pekerjaan Umum DKI.


"Mengalir terus, datang terus, datang terus, yang penting air sudah tidak mengalir kesini. Nanti penyelesaian berikutnya bisa dilakukan. Beton juga sudah ada," kata Jokowi.


Sementara itu para pekerja mulai dari Satpol PP, Dinas Pekerjaan Umum, Kodam Jaya, Kopassus, TNI AD, TNI AL, Marinir saling bergotong royong untuk memperbaiki tanggul tersebut, seperti mengangkat batu, mengangkat karung, ataupun mengangkat kayu. Bantuan dari pihak swasta pun, kata Jokowi, terus berdatangan. Seperti salah satu contohnya pihak swasta yang ingin membantu pelat beton. Namun, Jokowi enggan menyebutkan siapa pihak swasta yang membantu tersebut.


"Saya meninjau lapangan. Saya enggak mengerti material darimana. Yang paling penting, material datang, material datang, itu saja," katanya.


Jokowi pun terus memantau para pekerja agar semuanya dapat bekerja memperbaiki tanggul jebol sehingga dapat cepat selesai dan jalan protokol Ibu Kota tidak lagi tergenang oleh banjir. "Oleh sebab itu perlu ditungguin. Tungguin terus! Kayak tadi malam. Yaa... semoga hari ini rampunglah," kata Jokowi.


Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane, Imam Santoso mengatakan, pihak Kementerian PU sudah menyiapkan tiga alat berat dari Kementerian PU dan satu dari Dinas PU DKI. "Penanganan kami akan bersama TNI, Pemprov DKI, masyarakat, dan Kementerian PU. Karung lima ribu, dua ribu lagi tambahan. Kawat bronjong sudah diberikan juga, kantong plastik sebanyak 2500. Kami juga membantu craine alat berat untuk reklame," kata Imam.


Tanggul BKB tersebut diketahui jebol sejak Kamis (17/1/2013) pukul 10.00 WIB. Tanggul jebol sepanjang 30 meter di sisi Jalan Latuharhary, Jakarta Pusat. Akibat jebolnya tanggul, air yang ditampung BKB melimpah, tumpah ruah ke Jalan Teluk Betung dan Tosari. Aliran air sampai ke Jalan Thamrin dan Jalan Sudirman. Tanggul jebol tersebut merendam rel kereta api arah ke Stasiun Tanah Abang dan Manggarai. Akibatnya, kereta api Tanah Abang-Depok, Tanah Abang-Manggarai, tidak dapat beroperasi.


Selain itu, jebolnya tanggul tersebut juga berdampak pada Jalan Teluk Betung menuju Tosari, belakang Bunderan Hotel Indonesia, Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin yang tergenang oleh air.


Berita terkait, baca :


BANJIR RENDAM JAKARTA






Editor :


Hertanto Soebijoto









Anda sedang membaca artikel tentang

Jokowi Khawatirkan Air Naik Sebelum Perbaikan Tanggul Rampung

Dengan url

http://asmaracun.blogspot.com/2013/01/jokowi-khawatirkan-air-naik-sebelum.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jokowi Khawatirkan Air Naik Sebelum Perbaikan Tanggul Rampung

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jokowi Khawatirkan Air Naik Sebelum Perbaikan Tanggul Rampung

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger