RS Kartini: Mati Suri Kadang Terjadi

Written By Kompdub on Kamis, 21 Februari 2013 | 19.47





RS Kartini: Mati Suri Kadang Terjadi





Penulis : Alsadad Rudi | Kamis, 21 Februari 2013 | 19:27 WIB













JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur RS Bersalin Kartini dr Elmira Sukmawati menyatakan bahwa saat pertama kali menyatakan bayi Ali Zuar dan Mayarni meninggal, memang secara medis meninggal. Mati suri, kata dia, merupakan hal yang kadang terjadi.

"Apa yang telah kami lakukan saat pertama kali menyatakan meninggal telah sesuai dengan ilmu kedokteran karena detak denyut jantung, nafas, maupun pupil sudah tidak ada," kata Elmira dalam jumpa pers di RSB Kartini, Jl Ciledug Raya, Kamis (21/2/2013).

Elmira menyatakan, selama perawatan pihak rumah sakit telah melakukan berbagai upaya untuk menolong pasien, seperti melakukan resusitasi (tindakan untuk menghidupkan kembali atau memulihkan kesadaran). Namun, kondisi pasien dari sejak awal memang lahir dalam kondisi yang tidak sehat maka akhirnya nyawa pasien tidak tertolong sebelum dibawa untuk mendapat rujukan ke rumah sakit lainnya.

Terlebih lagi, kata dia, ibu pasien rupanya juga pernah punya riwayat persalinan yang buruk dan nyaris sama seperti kejadian kali ini.

"Sejak awal kondisi pasien memang tidak sempurna artinya dia lahir dalam kondisi tidak normal. Nafasnya satu-satu, detaknya lemah, dan warnanya biru. Dulu ibu pasien pada 2012 pernah mengalami gangguan serupa," ujar Elmira.


Bayi Ali Zuar dan Mayarni lahir pada Rabu (20/2/2013) sekitar pukul 14.25 WIB. Namun, oleh salah seorang bidan Rumah Sakit Bersalin Kartini, bayi tersebut dikatakan telah meninggal.

Pada pukul 15.00, Ali beserta Mayarni pun pulang membawa jenazah anak mereka dengan sepeda motor, yang sebelumnya telah dibungkus kain oleh pihak rumah sakit. Sesampainya di rumah, Ali membuka kain tersebut. Alangkah terkejutnya dia saat melihat kondisi anaknya masih bernapas.






Editor :


Ana Shofiana Syatiri















Anda sedang membaca artikel tentang

RS Kartini: Mati Suri Kadang Terjadi

Dengan url

http://asmaracun.blogspot.com/2013/02/rs-kartini-mati-suri-kadang-terjadi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

RS Kartini: Mati Suri Kadang Terjadi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

RS Kartini: Mati Suri Kadang Terjadi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger