Di AS, KPK Juga Periksa Wimboh Santoso

Written By Kompdub on Kamis, 25 April 2013 | 19.31




Skandal Century


Di AS, KPK Juga Periksa Wimboh Santoso





Penulis : Icha Rastika | Kamis, 25 April 2013 | 19:01 WIB














JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pemberantasan Korupsi memeriksa Direktur Eksekutif International Monetary Fund (IMF) Wimboh Santoso sebagai saksi dalam penyidikan kasus dugaan korupsi Bank Century. Wimboh adalah mantan Direktur Direktorat Pengaturan Perbankan sebelum dimutasi menjadi Kepala Perwakilan Bank Indonesia New York.


“Ada juga di Washington, pemeriksaan pejabat BI yang bertugas di Amerika, Wimboh,” kata Juru Bicara KPK Johan Budi di Jakarta, Kamis (25/4/2013). Pemeriksaan terhadap Wimboh berlangsung di kantor Kedutaan Besar RI di Washington DC, Amerika Serikat. Adapun Wimboh baru diangkat sebagai Direktur Eksekutif IMF Maret lalu.



Namun menurut Johan, KPK memeriksanya bukan dalam kapasitas sebagai Direktur IMF, melainkan sebagai mantan pejabat BI. Pada 2008, Wimboh dan Sri Mulyani sama-sama tergabung dalam Komite Kebijakan Sektor Keuangan. Sri ketika itu menjabat sebagai menteri keuangan, sedangkan Wimboh menjadi kepala komite stabilitas dari BI.


Tim KPK berangat ke Amerika pada Senin (22/3/2013). Selain memeriksa Wimboh, tim berencana memeriksa Sri Mulyani. Pemeriksaan Sri Mulyani, menurut Johan, akan dilakukan setelah penyidik KPK selesai memeriksa Wimboh.


Johan mengatakan, baik Sri maupun Wimboh dimintai keterangan dalam melengkapi berkas pemeriksaan Deputi Gubernur BI Budi Mulya yang ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi Century. Budi menjadi tersangka atas dugaan melakukan perbuatan melawan hukum dan penyalahgunaan wewenang dalam pemberian fasilitas pendanaan jangka pendek (FPJP) ke Bank Century dan dalam penetapan Bank Century sebagai bank gagal yang berdampak sistemik.

















Anda sedang membaca artikel tentang

Di AS, KPK Juga Periksa Wimboh Santoso

Dengan url

http://asmaracun.blogspot.com/2013/04/di-as-kpk-juga-periksa-wimboh-santoso.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Di AS, KPK Juga Periksa Wimboh Santoso

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Di AS, KPK Juga Periksa Wimboh Santoso

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger