Inilah Mekanisme Konvensi Versi Partai Demokrat

Written By Kompdub on Selasa, 23 April 2013 | 19.31


JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Demokrat akan melaksanakan konvensi untuk menjaring calon Presiden yang akan diusungnya pada bulan Juni mendatang. Di dalam mekanisme konvensi partai itu, nantinya setiap kandidat akan diminta menyampaikan visi dan misi, melakukan debat, hingga akhirnya dipilih.


"Bulan Juni itu nanti akan ada preliminary (pendahuluan), dan akan dilakukan pendaftaran. Tidak semua (kandidat) yang daftar masuk. (Mereka) diseleksi," ujar Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Marzuki Alie di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (23/4/2013).


Marzuki mengatakan, ada beberapa kriteria yang ditetapkan Partai Demokrat untuk menyeleksi calon Presidennya, yakni berintegritas yang teruji, berpengalaman memegang jabatan publik, berkapasitas, dan bersih dari kasus hukum. Setelah para kandidat lolos pendaftaran, lanjut Marzuki, para calon akan mengikuti beberapa jenis seleksi.


Para kandidat nantinya juga diperkenankan menyampaikan visi dan misinya sebagai Presiden secara langsung kepada masyarakat. Menurut Marzuki, para kandidat diberikan waktu empat bulan untuk melakukan sosialisasi visi dan misinya itu. "Setelah itu akan diadakan debat kandidat, di mana beliau (SBY) akan menunjuk beberapa orang dalam komite untuk menyampaikan pertanyaan-pertanyaan tertentu," imbuh Marzuki.


Partai Demokrat kemudian akan terlebih dulu mengikuti hasil pemilihan legislatif (pileg) sekaligus melakukan survei atas kandidat-kandidat capres yang bertarung. "Baru setelah pileg, akan ditetapkan siapa capres yang akan diusung," tutur Ketua Dewan Perwakilan Rakyat ini.


Di dalam konvensi itu, Marzuki menyatakan siap mencalonkan diri. Niatnya maju itu dilatari pesan singkat yang diterimanya dari Ketua Majelis Tinggi Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 12 April silam. Isi pesan itu adalah meminta Marzuki untuk segera bersiap maju sebagai capres dalam konvensi Partai Demokrat.












Anda sedang membaca artikel tentang

Inilah Mekanisme Konvensi Versi Partai Demokrat

Dengan url

http://asmaracun.blogspot.com/2013/04/inilah-mekanisme-konvensi-versi-partai.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Inilah Mekanisme Konvensi Versi Partai Demokrat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Inilah Mekanisme Konvensi Versi Partai Demokrat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger