Masalah Manusia Gerobak Bukan Hanya PR Kemensos

Written By Kompdub on Minggu, 28 Juli 2013 | 19.47






JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Sosial tidak ingin masalah manusia gerobak yang kian marak menjelang Lebaran hanya menjadi tanggung jawab mereka. Pemerintah Daerah diminta ikut mengatasi masalah ini.

"Kita tidak bisa hanya menggantungkan kepada Kementerian Sosial dalam mengatasi masalah ini (manusia gerobak). Pemda juga harus turut memikirkan masalah ini karena ini kan masalah dari hulu ke hilir," kata Direktur Rehabilitasi Tuna Sosial, Sonny W Manalu, dalam acara Buka Puasa Bersama Menteri Sosial RI dengan Komunitas Manusia Gerobak, di Sasana Krida Karang Taruna Setiabudi, Jakarta, Minggu (28/7/2013).

Sonny menjelaskan, masalah ini adalah masalah dari hulu ke hilir karena tidak semua manusia gerobak ini berasal dari Jakarta. Ada beberapa manusia gerobak yang berasal dari luar Jakarta, seperti Cirebon.

"Di Jakarta ini kan hilirnya. Kita harus menarik masalah ini dari hulunya, yaitu Pemerintah Daerah tempat manusia gerobak ini berasal. Peranan Pemda penting untuk mendesain bagaimana mereka bisa berubah pola pikirnya untuk tidak memulung lagi," ujarnya.

Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah sudah mengupayakan untuk merehabilitasi para manusia gerobak ini selama enam bulan. Mereka direhab untuk diubah pola pikirnya supaya mereka mau membangun usaha di daerah asalnya dengan diberikan modal dari Kementerian Sosial. Selain itu, Kementerian Sosial juga mengupayakan untuk memulangkan para manusia gerobak ini yang sudah lanjut usia dan menderita sakit.

Menjelang Lebaran, Jakarta diserbu manusia gerobak dari berbagai daerah. Mereka menggantungkan nasibnya dengan mengumpulkan barang bekas untuk dijual kembali. Selain itu, mereka juga menyimpan barang bawaan dan tidur serta makan di dalam gerobak.




Editor : Ana Shofiana Syatiri
















Anda sedang membaca artikel tentang

Masalah Manusia Gerobak Bukan Hanya PR Kemensos

Dengan url

http://asmaracun.blogspot.com/2013/07/masalah-manusia-gerobak-bukan-hanya-pr.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Masalah Manusia Gerobak Bukan Hanya PR Kemensos

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Masalah Manusia Gerobak Bukan Hanya PR Kemensos

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger