Tahun Depan, Kereta Layang Akan Dibangun di Jakarta

Written By Kompdub on Rabu, 28 Agustus 2013 | 19.48





JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, Rabu (28/8/2013) siang, meninjau jalur kereta yang akan dirombak menjadi jalur kereta layang atau elevated train. Proyek senilai triliunan itu akan mulai dibangun pada 2014 dan selesai lima tahun.


Bambang mengatakan, akan dibangun dua jalur kereta layang, yakni lintas timur dan lintas barat dengan panjang total 27 kilometer. Lintas timur memiliki panjang 10 kilometer dengan rute Kampung Bandan-Rajawali-Kemayoran-Senen-Kramat-Pondok Jati. Adapun lintas barat sepanjang 17 km dengan rute Manggarai-Tanah Abang-Kampung Bandan.


"Tahun depan, kita akan mulai membangun lintas timur. Total proyek direncanakan lima tahun. Tapi kami dan Pak Gub terus mempercepatnya," ujarnya di sela-sela peninjauan jalur kereta, Rabu sore.


Bambang mengatakan, proyek kerja sama antara pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan PT Kereta Api Indonesia tersebut akan menggunakan biaya patungan sebesar Rp 2,5 triliun. Pembangunan sarana dan prasarana jalur layang menggunakan APBN, sarana dan prasarana pendukung menggunakan APBD DKI, dan pengadaan rangkaian kereta listrik memakai dana milik PT KAI.


"Jumlah rangkaian keretanya juga pasti bertambah, baik dari PT KAI atau swasta. Nantinya ini akan terinegrasi dengan moda transportasi lainnya sehingga warga akan lebih mudah," ujar Bambang.


Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yakin bahwa keberadaan kereta layang dapat menarik pengguna kendaraan pribadi ke transportasi massal, apalagi jika fasilitasnya aman dan nyaman. Dengan demikian, persoalan kemacetan di Ibu Kota diharapkan dapat diselesaikan. "Nanti keretanya setiap tiga menit ada, setiap empat menit ada," kata Jokowi.





Editor : Laksono Hari Wiwoho
















Anda sedang membaca artikel tentang

Tahun Depan, Kereta Layang Akan Dibangun di Jakarta

Dengan url

http://asmaracun.blogspot.com/2013/08/tahun-depan-kereta-layang-akan-dibangun.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tahun Depan, Kereta Layang Akan Dibangun di Jakarta

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tahun Depan, Kereta Layang Akan Dibangun di Jakarta

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger