Inilah Profil 10 Kandidat Dirjen Pemasyarakat (Bagian 3)

Written By Kompdub on Kamis, 26 September 2013 | 19.31





JAKARTA, KOMPAS.com – Pemberitaan mengenai institusi pemasyarakatan, terutama akhir-akhir ini, dipenuhi nuansa buram. Mulai dari jumlah warga binaan yang melebihi kapasitas, beredarnya telepon gengam bahkan narkoba di dalam lembaga pemasyarakatan, sampai beragam peristiwa kerusuhan yang tak jarang memakan korban jiwa.


Segala tantangan tersebut menghadang 10 kandidat yang kini tengah menjalani seleksi terbuka untuk menjadi Dirjen Pemasyarakatan. Mereka adalah Adrianus E Meliala, F Haru Tamtomo, Gunarso, Handoyo Sudradjat, I Wayan Sukerta, Ma’mun, Mohammad Ghazalie, Rusdianto, Yon Suharyono, dan Y Ambeg Paramarta (baca: 10 Calon Dirjen Pemasyarakatan Lolos Tes Tertulis).


Berikut adalah bagian ketiga dari empat tulisan tentang profil para kandidat Dirjen Pemasyarakatan yang kini masih menjalani seleksi terbuka. Masukan mengenai rekam jejak para kandidat dapat disampaikan melalui nomor telepon 081392003339 atau e-mail: pansel.dirjenpas@kemenkumham.go.id



6. Mohammad Ghazalie


Wisudawan terbaik Akademi Ilmu Pemasyarakatan 1982 ini adalah kelahiran Banda Aceh pada 1957. Berkarier di Kementerian Hukum dan HAM, tetapi mulai 2009 dia diperbantukan ke Dewan Ketahanan Nasional dan sekarang dia Staf Ahli Bidang Hukum Sekretariat Jenderal Wantanas.


Menggenggam gelar doktor di bidang Manajemen Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta, Ghazali menawarkan program pembenahan pemasyarakatan mulai dari tataran regulasi, serta penempatan narapidana kasus korupsi, narkoba, dan teroris di lapas dengan keamanan super maksimum untuk memutus jaringan. Dia pun menekankan pentingnya peningkatan kapasitas dan integritas petugas lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan, selain peningkatan kerja sama lintas sektoral dengan lembaga lain.


Posisi eselon I didapatkan Ghazalie di Dewan Ketahanan Nasional. Data LHKPN Ghazalie memperlihatkan kesederhanaan dalam kesehariannya, yang membuatnya sampai saat ini bahkan tidak memiliki mobil pribadi.


LHKPN 2012, harta bergerak milik Ghazalie tercatat hanya senilai Rp 140 juta berupa bangunan di Tangerang, harta bergerak berupa dua sepeda motor senilai Rp 22 juga, serta perhiasan dan tabungan senilai Rp 190 juta.


7. Ma’mun


Kepala Kanwil Kemenkuhmam Kalimantan Selatan ini adalah lulusan terbaik Akademi Ilmu Pemasyarakatan pada 1980, kelahiran 1957. Dia melewatkan karier panjangnya  dengan menjadi kepala lapas dan kepala rutan di banyak tempat. Salah satu lapas yang pernah dia pimpin adalah Kalapas Klas I Bandar Lampung yang di masa kepemimpinannya menjadi Juara I Lapas Klas I Terbaik.


Sosok yang menurut para anak buahnya sangat ramah, tak pelit berbagi ilmu , dan tak membeda-bedakan latar belakang pendidikan anak buah, mengusulkan perubahan struktur organisasi dan optimalisasi fungsi unit pelaksana teknis untuk pembenahan pemasyarakatan. Pemilik gelar master hukum dari Universitas Krisnadwipayana Jakarta ini pun mengusung program pelatihan pelatihan untuk jajaran sumber daya manusia pemasyarakatan, perbaikan pola karier, diklat teknis, dan pembenahan postur anggaran UPT pemasyarakatan.


LHKPN 2013 Ma’mun mencatatkan kepemilikan harta tak bergerak berupa tanah dan bangunan di Sragen, Jawa Tengah, senilai Rp 125 juta. Lalu tercatat kepemilikan harta bergerak berupa mobil dan motor senilai Rp 125 juta.


8. I Wayan Sukerta


Enam kali menjadi kepala lembaga pemasyarakatan, I Wayan Sukerta dikenal sebagai “orang lapangan” dan kenyang seluk-beluk persoalan pemasyarakatan. Wayan pernah menjadi Kalapas IIB Takalar, Karutan Klas I Makasar, Kalapas Klas IIA Bogor, serta Kalapas Klas IA di Madiun, Malang dan Cipinang.


Pada 2011, Wayan menjadi Direktur Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak. Ketika menjabat Kakanwil Sulawesi Utara, pernah mendapat penilaian sebagai Kanwil Terbaik Ketiga pada 2012. Ini adalah penghargaan kedua Wayan setelah pada 2007 meraih predikat Lapas Terbaik dalam bidang perawatan, pelayanan narapidana dan tahanan untuk Lapas Klas IIA Bogor.


Kakanwil Sumatera Utara yang baru dilantik ini mengenyam pendidikan diploma di Akademi Ilmu Pemasyarakatan, sarjana di STIA LAN, sarjana di Universitas Satria Makasar, dan magister di Universitas Muslim Makasar. Wayan adalah lulusan Sekolah Menengah Pekerjaan Sosial yang bidang ilmunya relatif dekat dengan tugas dan fungsi pemasyarakatan.


Dalam makalahnya, Wayan mengusung tiga klaster solusi penanganan masalah pemasyarakatan meliputi jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Wayan menyebutkan, kebijakan crash program perlu dioptimalkan, tidak hanya untuk pembebasan bersyarat, tetapi juga cuti bersyarat dan cuti menjelang bebas.


Dalam LHKPN 2012, Wayan memiliki total kekayaan Rp 1,573 miliar, dengan Rp 714,689 juta harta tak bergerak, harta bergerak Rp 229 juta, harta bergerak lainnya Rp 103 juta, dan harta setara kas Rp 527,113 juta.



Selanjutnya...


Inilah Profil 10 Kandidat Dirjen Pemasyarakat (Bagian 4)



Sebelumnya...
Inilah Profil 10 Kandidat Dirjen Pemasyarakat (Bagian 1)
Inilah Profil 10 Kandidat Dirjen Pemasyarakat (Bagian 2)





Editor : Heru Margianto
















Anda sedang membaca artikel tentang

Inilah Profil 10 Kandidat Dirjen Pemasyarakat (Bagian 3)

Dengan url

http://asmaracun.blogspot.com/2013/09/inilah-profil-10-kandidat-dirjen.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Inilah Profil 10 Kandidat Dirjen Pemasyarakat (Bagian 3)

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Inilah Profil 10 Kandidat Dirjen Pemasyarakat (Bagian 3)

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger