Dampak Normalisasi Waduk Mulai Terasa

Written By Kompdub on Rabu, 30 Oktober 2013 | 19.58





JAKARTA, KOMPAS.com - Walaupun proses normalisasi waduk masih terus berjalan, namun hasilnya sudah mulai tampak. Pengerukan endapan tanah di Waduk Pluit telah memberi dampak positif bagi warga di sekitar Waduk Pluit. Genangan di permukiman dan jalan yang memenuhi kala musim penghujan kini mulai cepat surut.


Bahkan saat diterjang rob yang menyebabkan jebolnya tanggul di Muara Baru dan mengakibatkan tergenangnya 1.200 rumah pada Jumat (18/10) lalu, genangan dapat surut hanya dalam waktu 4-5 Jam. Biasanya, genangan akan surut dalam kurun waktu 1-2 hari. Genangan air pun kini dapat mengalir deras ke waduk sebelum kemudian dipompa ke laut.


Sahroni warga RT 19/11 Muara Baru, Penjaringan, merasakan betul dampak dari pengerukan Waduk Pluit. Kini, genangan air enggak lagi lama ngendon di lingkungan tempat tinggalnya. "Kemarin waktu tanggul jebol air tergenang juga paling lama tiga jam," ujar Sahroni ditemui Kompas.com, Rabu (30/10/2013).


Dampak lain, aliran air di selokan, saluran penghubung, dan saluran utama, seperti Kali Pakin, Kali Opak, dan Kali Jelakeng, yang mengalir ke Waduk Pluit lancar. Permukaan air pun turun 1-3 meter dibandingkan dengan sebelum Januari 2013.


Koordinator Normalisasi Waduk Pluit Heryanto menyebutkan, hingga pertengahan Oktober 2013, pengerukan endapan diperkirakan mencapai 40 persen dari target 4 juta meter kubik. Tahap awal, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pekerjaan Umum menargetkan bisa menambah kedalaman 2 meter di area genangan waduk seluas 20 hektar.


"Pengerukan masih jauh dari kebutuhan karena endapan sudah sangat tinggi, hasil akumulasi belasan tahun, tetapi dampak pengerukan sudah bisa dirasakan masyarakat. Fungsi waduk sebagai penampung sekaligus pengendali banjir terasa," kata Heryanto.


Pengerukan diharapkan menambah kedalaman perairan Waduk Pluit menjadi 3-5 meter. Waduk itu didesain dengan kedalaman 7-10 meter. Namun, sedimentasi dan okupansi penghuni liar membuat waduk lekas dangkal. Saat banjir melanda Jakarta pada Januari 2013, kedalaman waduk diperkirakan 1-3 meter.





Editor : Eko Hendrawan Sofyan
















Anda sedang membaca artikel tentang

Dampak Normalisasi Waduk Mulai Terasa

Dengan url

http://asmaracun.blogspot.com/2013/10/dampak-normalisasi-waduk-mulai-terasa_30.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dampak Normalisasi Waduk Mulai Terasa

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dampak Normalisasi Waduk Mulai Terasa

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger