Konser Glenn Fredly di Bali Dukung Gerakan Bali Tolak Reklamasi

Written By Kompdub on Kamis, 03 Oktober 2013 | 19.38


Jakarta - Gerakan penolakan terhadap rencana reklamasi di kawasan Teluk Benua yang di gagas ForBALI (Forum Rakyat Bali Tolak Reklamasi) terus menuai dukungan dari sejumlah musisi ternama Indonesia. Setelah sebelumnya dukungan datang dari grup metal Jakarta Seringai, kini solois terbaik Indonesia Glenn Fredly menyatakan dukungannya secara langsung melalui konsernya yang didedikasikan untuk gerakan Bali Tolak Reklamasi Rabu (2/10) malam, di Hard Rock Cafe, Kuta.


Beberapa hari sebelum bertolak ke Bali, pria pemilik nama lengkap Glenn Fredly Deviano Latuihamallo berkicau via akun twitter-nya @GlennFredly yang isinya, "Tanggal 2 Oktober 2013 saya akan main di Hard Rock Cafe Bali. Saya akan Dedikasikan konser nanti untuk mendukung kampanye #BaliTolakReklamasi".


Sebagai musisi, Glenn Fredly memang sangat dikenal sebagai sosok yang memiliki kepedulian dengan masalah sosial, politik, lingkungan dan budaya.


Hal tersebut terbukti saat di atas panggung kemarin malam, Glenn mengenakan kaos bertuliskan Bali Tolak Reklamasi dan memakai udeng (ikat kepala khas Bali). Penyanyi yang dikenal piawai melahirkan lagu cinta ini, mampu membius ratusan pengunjung yang sebagai besar dipenuhi oleh kaum hawa. Lewat sejumlah tembang hits dari sejumlah albumnya terdahulu hingga terbaru berjudul Luka, Cinta dan Merdeka, aksi Glenn selama 2 jam benar-benar memukau serta mampu memuaskan dahaga kerinduan para penggemarnya.


Ditemui sebelumnya, pria kelahiran Ambon, Maluku 30 September 1975 ini mengaku puas dengan atmosfer penonton malam itu. Ketika ditanya terkait alasannya mendukung gerakan Bali Tolak Reklamasi, Gleen menyatakan, secara personal ia prihatin melihat wajah Bali yang telah banyak berubah sekarang ini. Pembangunan yang kian pesat tidak diimbangi dengan menjaga lingkungan, yang cenderung merusak lingkungan.


"Ini menjadi kegelisahan saya. Kemajuan pembangunan bukannya tidak baik, tapi harus diringi dengan keseimbangan, karena penting buat menjaga identitas masyarakat Bali itu sendiri," ujarnya.


Glenn menyatakan permasalahan reklamasi ini harus direspon dan mendapat perhatian serius dari masyarakat, Pemerintah Daerah serta Pusat. jangan sampai reklamasi ini merusak alam Bali serta memamtikan sumber penghidupan masyarakat Bali.


"Saya mencintai kultur Bali dan otomatis menjadi tanggung jawab saya, karena saya sebagai orang Indonesia. Saya tidak ingin wajah Bali berubah," tegasnya.


Glenn berharap gerakan ini jadikan isu bersama, berbicara tentang masalah reklamasi tidak hanya terjadi di Bali tapi di Indonesia yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia.


"Saya tegaskan saya sangat mendukung gerakan Bali Tolak Reklamasi. Membangun tanpa melihat kearifan lokal itu sangat berbahaya," ujarnya lagi.


Tergeraknya masyarakat seperti musisi yang menyuarakan penolakan reklamasi, merupakan tanda yang bagus. Dalam arti kesadaran masyarakat muncul sebagai kontrol sosial. Dan kontrol sosial merupakan bagian penting pilar demokrasi yang lahir dari para musisi.


"Netralitas teman teman musisi inilah yang menjadi kekuatan, yang mampu melihat gejala sosial terjadi ditengah masyarakat, seperti permasalahan lingkungan yang terjadi sekarang ini. permasalahan ini akan sangat berdampak besar bagi individu dan manusianya itu sendiri," jelas Glenn.


Bagi Glenn, bergulirnya gerakan Bali Tolak Reklamasi ke musisi menjadi sangat strategis karena bahasa musisi adalah musik. Musik menjadi alat, menjadi lokomotif untuk menyampaikan hal-hal entah itu kemanusiaan atau lingkungan. Musik menjadi perekat, pemersatu untuk menyuarakan keresahan di tengah masyarakat


"Itu sebabnya kasadaran masyarakat sangat penting, dan karena itu kesadaran saya muncul secara personal, karena dampak kerusakan lingkungan itu akan terlihat di semua aspek kehidupan manusia. Hal yang paling menyedihkan misalnya nelayan kehilangan mata pencahariannya. Dimana pola konversi kehidupan terjadi, ada budaya yang berubah. Kita negara kelautan tapi perhatian terhadap masalah kelautan sampai saat ini masih sangat kecil dan ini penting," jelas Glenn.


Menurut Glenn gerakan Bali Tolak Reklamasi ini menjadi sangat penting dan ini menjadi musuh bersama.


"Kita sudah dikaruniai kekayaan alam yang begitu melimpah. Kita tahu eksploitasi alam di indonesia ini sangat mengerikan dan kita manusia hidup bersinggungan dengan alam, kita besar dengan alam, kita bukan bangsa yang besar karena kekuatan industri. Alam yang menghidupi dan memberi makan kita. Tidak hanya di Indonesia bahkan alam Indonesia menghidupi negara lain. Apa yang akan kita wariskan ke anak cucu kita nantinya jika alam dirusak tanpa memikirkan dampak di masa akan datang," pungkas Glenn.


Anda sedang membaca artikel tentang

Konser Glenn Fredly di Bali Dukung Gerakan Bali Tolak Reklamasi

Dengan url

http://asmaracun.blogspot.com/2013/10/konser-glenn-fredly-di-bali-dukung.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Konser Glenn Fredly di Bali Dukung Gerakan Bali Tolak Reklamasi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Konser Glenn Fredly di Bali Dukung Gerakan Bali Tolak Reklamasi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger