Festival Mutiara Indonesia Digelar

Written By Kompdub on Rabu, 31 Oktober 2012 | 19.29



Kekayaan Laut


Festival Mutiara Indonesia Digelar





Penulis : Brigita Maria Lukita | Rabu, 31 Oktober 2012 | 19:01 WIB













KOMPAS.com/NI LUH MADE PERTIWI F.


Ilustrasi: Kalung mutiara




TERKAIT:





JAKARTA, KOMPAS.com- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali menggelar festival mutiara Indonesia (Indonesia Pearls Festival) tahun ini. Sejumlah 43 pelaku usaha dari sembilan provinsi penghasil mutiara siap memamerkan produk andalannya, tanggal 1-4 November 2012, di Balai Kartini Jakarta. Festival bertema "Kemilau Mutiara Indonesia" selain menampilkan mutiara laut selatan (south sea pearls/SSP) asli Indonesia, demo produk mutiara peragaan perhiasan oleh finalis puteri Indonesia.


Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Saut Hutagalung mengemukakan, mutiara merupakan salah satu komoditas perikanan yang bernilai tinggi. Harga perhiasan dari mutiara mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Indonesia merupakan penghasil mutiara laut selatan yang berasal dari kerang jenis Pinctada maxima, sumbernya dari hasil alam maupun dari budidaya. Sentra pengembangan kerang itu tersebar dibeberapa daerah seperti Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Maluku, Maluku Utara, dan Papua.


Mutiara laut selatan Indonesia mempunyai banyak keunikan berupa warna maupun kilaunya yang mempesona dan abadi sepanjang masa sehingga sangat digemari di pasar internasional dan biasanya dipasarkan dalam bentuk loose dan perhiasan.             Pameran Indonesia Pearls Festival 2012 ini digelar atas kerja sama Ditjen P2HP KKP dengan Dharma Wanita Pusat KKP dan Asosisi Budidaya Mautiara Indonesia. Tahun lalu, festival mutiara serupa juga diadakan di Jakarta.


Ikuti liputan khusus Cerdas Berasuransi






Editor :


Tjahja Gunawan Diredja















Anda sedang membaca artikel tentang

Festival Mutiara Indonesia Digelar

Dengan url

http://asmaracun.blogspot.com/2012/10/festival-mutiara-indonesia-digelar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Festival Mutiara Indonesia Digelar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Festival Mutiara Indonesia Digelar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger