Indonesia-Selandia Baru Jajaki Kerja Sama Pariwisata

Written By Kompdub on Senin, 22 Oktober 2012 | 19.38


JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia dan Selandia Baru menjajaki kerja sama di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. "Kami akan segera menandatangani Nota Kesepahaman Bersama (MoU) dengan Selandia Baru untuk mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pangestu di Jakarta, Senin (22/10/2012), setelah pertemuan dengan delegasi Selandia Baru yang dipimpin Menteri Pariwisata sekaligus Perdana Menteri Selandia Baru, Chris Tremain.


Menparekraf mengatakan, Selandia Baru sangat potensial untuk diajak bekerja sama karena negara itu telah berhasil mengembangkan sektor pariwisatanya, sehingga menjadi salah satu destinasi paling favorit di dunia.


Selain itu, Selandia Baru juga merupakan salah satu target pasar pariwisata Indonesia yang kontribusi jumlah turisnya terus meningkat dari tahun ke tahun. "Apalagi saat ini sudah ada penerbangan langsung Air New Zealand dengan rute Denpasar-Auckland pada peak season pada musim winter Juni-Oktober," papar Mari.


Kemenparekraf mencatat jumlah kunjungan wisatawan asal Selandia Baru ke Indonesia terus meningkat dalam tiga tahun terakhir. Pada 2009, jumlah wisatawan Selandia Baru ke Indonesia tercatat 31.593 orang, naik pada 2010 menjadi 32.113 orang, dan kembali meningkat pada 2011 menjadi 36.683 orang.


Pada kesempatan tersebut, Menparekraf juga mengemukakan film menjadi bahan pembahasan dalam penjajakan kerja sama Indonesia-Selandia Baru. "Untuk kerja sama yang lain kami juga membicarakan tentang film di mana Selandia Baru memiliki banyak pengalaman soal ini, mereka tidak hanya memiliki lokasi yang bagus, tetapi juga produksi film yang baik, seperti dalam film ’The Hobbit Trilogy’," katanya.


Sementara itu, Perdana Menteri sekaligus Associate Minister of Tourism Selandia Baru, Chris Tremain mengatakan, ia melihat dari sisi pariwisata Indonesia adalah negara yang cantik dan kini berkembang menjadi salah satu negara dengan perkembangan ekonomi yang tinggi. "Kita perlu bekerja keras untuk mendorong perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di dunia negara karena kita mempunyai kesempatan yang besar di bidang ini," ujarnya.


Chris menambahkan, Selandia Baru siap bekerja sama dan membagi pengalaman di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif dengan Indonesia yang dinilai memiliki banyak kesamaan dengan Selandia Baru di bidang pariwisata.












Anda sedang membaca artikel tentang

Indonesia-Selandia Baru Jajaki Kerja Sama Pariwisata

Dengan url

http://asmaracun.blogspot.com/2012/10/indonesia-selandia-baru-jajaki-kerja.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Indonesia-Selandia Baru Jajaki Kerja Sama Pariwisata

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Indonesia-Selandia Baru Jajaki Kerja Sama Pariwisata

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger