BI: Rupiah Melemah Sesuai Fundamental

Written By Kompdub on Jumat, 09 November 2012 | 19.29




BI: Rupiah Melemah Sesuai Fundamental





Penulis : Didik Purwanto | Jumat, 9 November 2012 | 19:07 WIB













JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menegaskan bahwa nilai tukar rupiah sepanjang Oktober 2012 melemah rata-rata 0,41 persen (mtm) menjadi Rp 9.593 per dollar AS. Secara point to point, rupiah juga melemah 0,36 persen (mtm) menjadi Rp 9.605 per dollar AS.

Gubernur BI Darmin Nasution menjelaskan, perkembangan nilai tukar rupiah ini masih bergerak sesuai dengan kondisi pasar. Di sisi lain, intensitas depresiasi rupiah juga menurun.

"Kondisi nilai tukar rupiah saat ini itu sudah sesuai dengan fundamentalnya," kata Darmin di Gedung BI Jakarta, Jumat (9/11/2012).

Menurut Darmin, tekanan pelemahan nilai tukar rupiah ini dianggapnya sudah semakin kecil. Sehingga pihaknya tidak mempermasalahkan pelemahan nilai tukar rupiah tersebut. Dia mengatakan, pihaknya akan menjaga nilai tukar rupiah tidak jauh dari level Rp 9.600 per dollar AS.

"Ya sebenarnya sejak dua mingguan yang lalu, saya sudah bilang," katanya.

Saat ini, terang Darmin, intensitas tekanan terhadap rupiah juga sudah mulai menurun. Begitu juga dengan penurunan defisit transaksi berjalan dan neraca  pembayaran yang kembali mencatat surplus.

Di sisi lain, aliran masuk modal asing, baik foreign direct investment (FDI) maupun investasi portofolio juga terus meningkat yang ditopang oleh imbal hasil yang masih menarik.

"Apalagi kondisi fundamental dan prospek perekonomian Indonesia masih cukup baik," katanya.

Berdasarkan kurs tengah BI, nilai tukar rupiah hari ini diperdagangkan melemah 5 poin dari Rp 9.638 menjadi Rp 9.633 per dollar AS. 







Editor :


Ana Shofiana Syatiri















Anda sedang membaca artikel tentang

BI: Rupiah Melemah Sesuai Fundamental

Dengan url

http://asmaracun.blogspot.com/2012/11/bi-rupiah-melemah-sesuai-fundamental.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

BI: Rupiah Melemah Sesuai Fundamental

namun jangan lupa untuk meletakkan link

BI: Rupiah Melemah Sesuai Fundamental

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger