Hatta Optimistis Pertumbuhan Ekonomi 6,3 Persen

Written By Kompdub on Minggu, 04 November 2012 | 19.29


JOMBANG, KOMPAS.com - Menteri Perekonomian Hatta Radjasa memperkirakan, target pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2012 akan tumbuh sesuai target, yakni 6,3-6,4 persen.

"Saya optimis target pertumbuhan ekonomi tidak akan meleset dari rencana semula, sekitar 6,3-6,4 persen," kata Hatta seusai memberikan kuliah umum di Universitas Hazyim Azhari, Jombang, Minggu (4/11/2012).

Dalam siarang pers yang diterima Kompas.com, Hatta mengungkapkan, kenaikan pertumbuhan ekonomi Indonesia itu disebabkan kondisi investasi di dalam negeri yang terus menggeliat. Selain itu, kondisi APBN pun dinilai lebih baik dibanding kuartal II-2012.

Terlebih, pertumbuhan ekonomi Indonesia selama ini juga ditopang oleh besarnya daya beli konsumsi masyarakat. "Daya konsumsi kita masih cukup kuat. Walau ekspor turun, tapi impor juga drop, sehingga neraca perdagangan kita juga positif," tambah Hatta.

Dijadwalkan, Badan Pusat Statistik (BPS) akan mengumumkan pertumbuhan ekonomi kuartal III, Senin (5/11/2012) besok.

Seperti diberitakan, BPS melaporkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diukur berdasarkan kenaikan produk domestik bruto (PDB) pada kuartal II-2012 mencapai 6,4 persen. Angka tersebut naik dibandingkan dengan periode yang sama 2011 sebesar 6,3 persen.

Adapun secara kumulatif, pertumbuhan ekonomi semester I-2012 tumbuh 6,3 persen dari semester I-2011. Dengan pertumbuhan sebesar 6,3 persen pada kuartal III tersebut, maka menurut Hatta, pertumbuhan sampai akhir tahun dapat tercapai 6,4 persen.

Sementara itu, mengenai perkembangan ekonomi dunia pada tahun 2013, Hatta pun mengaku optimistis ekonomi dunia akan lebih baik daripada tahun ini. Pemerintah berharap ekonomi dunia mampu kembali bertumbuh 3,9 persen. "Setelah melambat tahun ini, tahun depan pertumbuhan ekonomi dunia akan membaik," katanya.






Editor :


Glori K. Wadrianto









Anda sedang membaca artikel tentang

Hatta Optimistis Pertumbuhan Ekonomi 6,3 Persen

Dengan url

http://asmaracun.blogspot.com/2012/11/hatta-optimistis-pertumbuhan-ekonomi-63.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hatta Optimistis Pertumbuhan Ekonomi 6,3 Persen

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hatta Optimistis Pertumbuhan Ekonomi 6,3 Persen

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger