Lima Daerah Layak Sejahtera

Written By Kompdub on Rabu, 01 Mei 2013 | 19.31





Lima Daerah Layak Sejahtera





Penulis : Agnes Rita Sulistyawaty | Rabu, 1 Mei 2013 | 19:21 WIB












JAKARTA, KOMPAS.com- Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri menilai, tiga kabupaten dan dua kota di Indonesia layak sejahtera, yakni Kota Sukabumi, Kota Payakumbuh, Kabupaten Sragen, Kabupaten Bantaeng, dan Kabupaten Berau. Hal tersebut disampaikan dalam acara Launching dan Penandatangan MoU Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial Terpadu Menuju Kota Sejahtera (PKST MKS) di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (1/5/2013).


Dalam keterangan pers, Menteri Al Jufri menganggap kelima daerah itu memenuhi enam kriteria, yakni mampu meningkatkan taraf kesejahteraan, kualitas, dan kelangsungan hidup; memulihkan fungsi sosial dalam rangka mencapai kemandirian; meningkatkan ketahanan sosial masyarakat dalam mencegah dan menangani masalah kesejahteraan sosial.


Juga meningkatkan kemampuan, kepedulian dan tanggung jawab sosial dunia usaha dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial secara melembaga dan berkelanjutan; meningkatkan kemampuan dan kepedulian masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial secara melembaga dan berkelanjutan; serta meningkatkan kualitas manajemen penyelenggaraan kesejahteraan sosial secara signifikan sudah mulai berlangsung dan dihitung progresnya.


Penyelenggaraan kesejahteraan sosial diprioritaskan pada mereka yang memiliki kehidupan yang tidak layak secara kemanusiaan dan memiliki kriteria masalah sosial kemiskinan, kecacatan, keterpencilan, ketunaan sosial dan penyimpangan perilaku, korban bencana, korban tindak kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi.


Segmentasi penyelenggaraan kesejahteraan sosial dapat dilakukan secara perseorangan, keluarga, kelompok, masyarakat. "Tidak ada artinya PAD yang tinggi kalau kesejahteraan sosial tidak terwujud, yang ada adalah keresahan sosial, persaingan yang tidak mengedepankan jati diri bangsa, yang ujungnya adalah konflik sosial," kata Salim.


Kelima daerah yang mendapatkan penghargaan itu diharapkan dapat menjadi percontohan bagi terwujudnya daerah sejahtera.






Editor :


Marcus Suprihadi














Anda sedang membaca artikel tentang

Lima Daerah Layak Sejahtera

Dengan url

http://asmaracun.blogspot.com/2013/05/lima-daerah-layak-sejahtera.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Lima Daerah Layak Sejahtera

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Lima Daerah Layak Sejahtera

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger