Survei Jelek, PKS: Lembaga Survei Harusnya Interopeksi

Written By Kompdub on Jumat, 28 Juni 2013 | 19.32





JAKARTA, KOMPAS.com – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kini tak begitu percaya dengan hasil survei yang dilakukan sejumlah lembaga, termasuk Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Ketua Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid bahkan meminta lembaga survei introspeksi karena realitas dan hasil survei ternyata tidak sesuai.

“Jadi dua lembaga survei merilis hasil, dalam waktu bersamaan satu di Bandung dan Bangka. Kalau di dua survei itu PKS disebut tidak lolos PT (parliamentary treshold), tapi di dua daerah itu PKS nomor satu. Jika lembaga survei mengatakan jika pemilu dilakukan hari ini, maka rakyat sudah memberikan jawaban,” ucap Hidayat saat dihubungi, Jumat (28/6/2013).

Menurut Hidayat, lembaga survei saat ini memetik keuntungan dari munculnya era demokrasi. Namun, Hidayat mengingatkan agar lembaga-lembaga survei itu memposisikan dirinya secara profesional dan proporsional. “Mestinya lembaga survei juga malah instropeksi, tapi bagi kami apa pun survei ini bagian dari berkah demokrasi, memposisikan sewajarnya saja,” imbuh Hidayat.

Hidayat menuturkan PKS tidak akan terlalu responsif menanggapi hasil survei LIPI. Ia menuturkan yang harus diperhatikan hanyalah suara rakyat. Ia yakin suara simpatisan PKS akan memanangkan partai ini.

LIPI merilis hasil survei nasional mengenai partisipasi politik dan perilaku memilih pra-Pemilu 2014. Survei yang dilakukan pada 10-31 Mei 2013 itu menjelaskan, PDI-P dan Partai Golkar berada pada peringat teratas. PDI-P memperoleh 14,9 persen, kemudian Golkar 14,5 persen. Sementara Partai Demokrat berada di angka 11,1 persen.

Di peringkat berikutnya, diduduki Partai Gerindra 7,4 persen; PKB 5,6 persen; dan PPP 2,9 persen. Sementara PKS diperkirakan akan meraih 2,6 persen suara; disusul PAN 2,5 persen; Partai Nasdem 2,2 persen; Partai Hanura 1,9 persen; PBB 0,6 persen; dan PKPI 0,3 persen.




Editor : Hindra Liauw
















Anda sedang membaca artikel tentang

Survei Jelek, PKS: Lembaga Survei Harusnya Interopeksi

Dengan url

http://asmaracun.blogspot.com/2013/06/survei-jelek-pks-lembaga-survei.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Survei Jelek, PKS: Lembaga Survei Harusnya Interopeksi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Survei Jelek, PKS: Lembaga Survei Harusnya Interopeksi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger