Hujan Deras, Rohmat dan Ngatiyo Kehilangan Dapur Rumahnya

Written By Kompdub on Minggu, 14 Juli 2013 | 19.58





KENDAL, KOMPAS.com - Arus deras Sungai Bulanan akibat hujan yang mengguyur wilayah Weleri, Kendal, Jawa Tengah, sepanjang Sabtu (13/7/2013) malam, menggerus pinggiran sungai dan menghanyutkan dapur rumah Romat (50) warga RT 11, RW 03, Desa Nawangsari Kecamatan Weleri, Kendal, Jawa Tengah.

Rohmat hanya bisa terpaku melihat sebagian rumahnya yang ada di bantaran sungai Bulanan, menggantung tidak menempel tanah. Meskipun sangat membahayakan, namun ia bersama kedua anak dan istrinya tetap nekad tinggal di rumah itu. Padahal sewaktu-waktu rumah yang terbuat dari kayu berukuran 10x8 meter itu bisa roboh. Apalagi, kalau hujan deras kembali turun dan arus air Kali Bulanan deras mengalir.

“Rumah ini sudah saya tempati sejak tahun 70-an. Saya tidak punya uang untuk kontrak rumah apalagi beli,” kata Rohmat yang ditemui di rumahnya, Minggu (14/7/2013).

Ia menjelaskan, dulu jarak rumahnya dengan sungai sekitar 12 meter. Pada tahun 1986 beberapa rumah yang dekat dengan sungai disuruh pindah oleh pemerintah dan diberi uang pesangon. Rohmat dan beberapa penduduk lain tidak disuruh pindah karena jarak rumah dengan sungai cukup jauh.

Tapi lama-kelamaan air sungai terus menggerus tanah dan mengenai beberapa rumah termasuk rumahnya. Menurut Rohmat, tanah miliknya sudah bersertifikat. 

Ngatiyo (56) yang rumahnya di samping rumah Rohmat mengalami nasib serupa. Dapur rumah Ngatiyo di bagian belakang rumah juga hanyut diterjang arus sungai. Ngatiyo juga bertahan tinggal di rumah itu karena tidak punya uang untuk pindah. 

“Mau apalagi. Karena dapur kegerus air saya akhirnya memakai teras rumah untuk dapur,” kata dia.

Kepala Seksi Kesiapsiagaan dan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kendal, Endro Kunarto, mengatakan, pihaknya masih mendata kerugian yang dialami para korban. BPBD menurut Endro, akan memberi bantuan uang dan sembako kepada Rohmat dan Ngatiyo. “Kami akan mengusahakan bantuan,” janjinya.




Editor : Heru Margianto
















Anda sedang membaca artikel tentang

Hujan Deras, Rohmat dan Ngatiyo Kehilangan Dapur Rumahnya

Dengan url

http://asmaracun.blogspot.com/2013/07/hujan-deras-rohmat-dan-ngatiyo.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hujan Deras, Rohmat dan Ngatiyo Kehilangan Dapur Rumahnya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hujan Deras, Rohmat dan Ngatiyo Kehilangan Dapur Rumahnya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger