Presiden SBY Pun Bicara soal K-Pop

Written By Kompdub on Sabtu, 12 Oktober 2013 | 19.31






JAKARTA, KOMPAS.com
- Pemerintah Indonesia dan Korea Selatan sepakat meningkatkan kerjasama di berbagai bidang. Kesepakatan itu diambil dalam pertemuan bilateral antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan Presiden Korea Selatan Ny Park Geun Hye di Istana Negara, Jakarta, Sabtu (12/10/2013).


"Apa yang sudah kita raih, kita jaga dan pertahankan. Apa yang sudah disepakati tapi masih ada isu-isu yang harus diatasi, itu akan kita atasi. Kemudian kita melangkah ke depan untuk meningkatkan kerjasama dan kemitraan," kata Presiden SBY saat jumpa pers seusai pertemuan bilateral.


Presiden SBY menjelaskan, peningkatan kerja sama akan dilakukan dalam bidang investasi dan perdagangan. Investasi Korsel di Indonesia terus meningkat hingga tahun 2012 mencapai 1,9 miliar dollar AS.


Adapun di bidang perdagangan, volume perdagangan kedua negara sudah mencapai 30 miliar dollar AS. Kedua negara sepakat untuk meningkatkan volume perdagangan menjadi 50 miliar dollar AS pada 2015 dan 100 miliar dollar AS pada 2020 .


"Kami juga sepakat kerja sama di bidang energi, utamanya energi terbarukan di mana Korea memiliki teknologi yang cukup maju," kata Presiden SBY.


Selain itu, kerjasama akan ditingkatkan di bidang pertanian, kelautan, kehutanan, pariwisata dan industri kreatif. Di bidang pariwisata, kata SBY, setidaknya wisatawan asal Korea mencapai 300 ribu orang.


"Di industri kreatif, Korea sangat maju di bidang film dan musik. K-Pop menjadi favorit di Indonesia. Kami senang kalau kita berkerja sama karena pasar di Indonesia juga tinggi untuk industri kreatif," kata Presiden SBY.


Kedua negara juga sepakat dalam kerja sama di bidang pertahanan, khususnya pengadaan kapal selam, dan pesawat tempur.


Dalam keterangannya, Presiden Park mengapresiasi sikap Presiden SBY yang mendorong penyelesaian di Semenanjung Korea dan perihal senjata nuklir di Korea Utara. Ia dan Presiden SBY sepakat Korut harus menaati perjanjian Nonproliferasi Nuklir terkait pembatasan kepemilikan senjata nuklir.


Seusai jumpa pers, kedua kepala negara menanam pohon damar di belakang Istana Negara. Sebelum kembali ke Korsel pukul 23.00 WIB, Presiden SBY dan Presiden Park akan melakukan jamuan santap malam.





Editor : Tri Wahono
















Anda sedang membaca artikel tentang

Presiden SBY Pun Bicara soal K-Pop

Dengan url

http://asmaracun.blogspot.com/2013/10/presiden-sby-pun-bicara-soal-k-pop.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Presiden SBY Pun Bicara soal K-Pop

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Presiden SBY Pun Bicara soal K-Pop

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger